Tuesday, September 23, 2008

Jujur Tapi Sakit Ato Gak Tau Tapi Gak Sakit?

Akhir-akhir ini banyak tmn2 gw yg cerita trus minta saran aka curhat ttg masalah mereka yg akhir2nya dibuntuti dgn 2 pilihan. Pilihan pertama, orang itu jujur kpd kita dan kita akan hati kita bakalan sakit bgt nerima kenyataan itu. Pilihan kedua, orang itu gak bilang apa-apa tp hati kita bakal bekerja seperti biasa tanpa ada rasa sakit yg mendalam. Nah klo kalian yg mendapatkan pilihan kayak gitu, kalian bakalan pilih yg mana?Coba yah bandingin..

Pilihan pertama.
Orang itu jujur kpd kita dan kita akan hati kita bakalan sakit bgt nerima kenyataan itu.

Kita bakalan lega banget mengetahui hal apa yg sebenernya udah terjadi. Kita bakalan tau mana ternyata yg benar dan mana yg salah. Kita jg bakalan puas rasanya hilang dari rasa kepenasaran kita. Tapi di balik rasa lega itu, perasaan kita bakalan sakit bgt bahkan mungkin rasanya lebih sakit daripada rasa digebukin orang sekampung. Bahkan rasa sakit ini ngbuat kita jadi susah tidur, nilai menjadi ancur karena kita males bgt ngerjain apapun, bercucuran air mata dengan tiba-tiba dimanapun dan kapanpun, dan bisa jg lari ke arah yg gak bener. Mungkin kita akan merasa menang karena kita tau bukan kita yg salah, tp kita hrus menerima kenyataan klo ternyata kemenangan kita ini disamping membuat kita puas tp jg ngebuat kita ngerasa sakit bgt.Rasa sakit ini bisa sampai berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Pilihan kedua.
Orang itu gak bilang apa-apa tp hati kita bakal bekerja seperti biasa tanpa ada rasa sakit yg mendalam.

Kita gak bakalan tau apa yg sebenarnya terjadi, gak tau mana yg bener dan mana yg salah, kita gak bisa nyalahin diri orang lain ataupun diri kita sendiri. Bisa jadi kita akan terus-terusan gak sadar klo kita dikelabui oleh orang lain. Tapi di lain sisi, hidup kita akan terus berjalan seperti biasa tanpa harus ada rasa sakit atau tangisan menghampiri. Selama kita gak peduli apa yg udah terjadi di belakang itu semua, kita gak bakal ngerasain rasa sakit yg mendalam. Kita jg gak akan di banjiri oleh tangisan-tangisan, dan kita tetep akan terus bisa berkarya. Hubungan kita dgn orang lain akan berjalan baik-baik saja walaupun ada yg orang itu sembunyikan.

Kalo gw pribadi, gw lebih milih buat milih pilihan yg kedua. Alesannya, gw pernah coba buat ngambil pilihan yg pertama, dan ternyata itu rasanya emang sakit banget. Gw ngerasanya, rasa puas gw akan kejujuran itu gak setara dengan rasa sakit yg harus gw hadapin. Bahkan smpai sekarang, gw masih suka ngerasain rasa sakit itu padahal gw udah gak peduli dgn fakta apa yg terjadi itu. Pernah denger yg namanya karma?
Through the law of karma, the effects of all deeds actively create past, present, and future experiences, thus making one responsible for one's own life, and the pain and joy it brings to him/her and others(wikipedia).

Gw lebih mensokong dasar agama gw, yaitu Al-Quran menjadikan keimanan kepada akhirat dan Hari Kiamat, yaitu hari ketika orang yang baik dibalas karena kebaikannya dan yang jahat dibalas karena kejahatannya. Balasan yg terjadi blom tentu sama bentuknya dengan apa yg udah dilakuin, tp balesan itu akan ada dan bisa terjadi dimanapun kita berada. Jadi klo ternyata selama ini gw gak tau siapa yg benar dan siapa yg salah, gw gak peduli, yg gw tau hanya gw akan berusaha untuk melakukan yg terbaik dalam hidup gw. Another opinion?

4 comments:

Anonymous said...

kejujuran yg menyenangkan lebih asik kaya nya..hehee

viasibocahoke said...

pilihan itu hanya ada di cerita cinderella de hehehhe

Anonymous said...

eh kejujuran itu mang kadang nyakitin tapi masih lebih baik tau daripada kagak jujur.hohoho


-s a i a-

viasibocahoke said...

tp kan kebohongan itu bakalan selalu terbuka..jdnya ntar tau jg apa yg sbenarnya..apa salahnya kita menghibur hati kita sejenak mjd senang sebelum kita tau kejujuran yg pahit?hehehehhe

Daisypath Vacation Ticker