Tuesday, October 28, 2008

Tuesday, 28th October 2008

Today is not an ordinary day. I start my day with "tayar pancit" (ban bocor in bahasa and maybe leaky tire in English). Actually this case began from last Sunday, when I went out with 4 people of my friends which means the car is fully loaded. Suddenly on the way damansara, someone pointed on the tire, when we stopped to check we know that the tire is less of wind. The driver (here, the driver means my friend who drive the car, he asked me to note down here, puas lo?wakkaka) knew it before, he said that he feels the car is not stable). And we try to find the nearest gas station to fill the wind. When he was trying to fill it, one of my friends took his camera and took a picture of him (which is lagi jongkok2 kringetan, thinking of how to fill the tire) and me (yg sok ikutan jongkok2 jg because I want to know how to do it), and one of my friend couldn't stop talking to show that he knows about "the tire things" but his style of talking was so annoying. hahaaha. After we fill the wind, we continue our trip to damansara safely.

Today when I want to go to office, I had checked the tires, I saw the left-back tire is not seems like normal. I tried to step on, kicked it (actually I dont know what was I doing) but there's nothing (what should I expect?!) . I left home and drove 1 km, someone gave me a horn and said "tayar pancit tayar pancit" loudly. Then I tried to find a tire services or anything but there's no shop had opened yet, then I stopped at the nearest lrt station because I knew that I couldn't continue drive to the office so my housemate could take lrt to go to their office. At the moment, I didn't know what should I do and who should I call. If I called my colleagues, its to far from their home so I called my father. I thought that he would be worry of me but when I told him, he just laughed. He said that I have to changed the tire (I forgot that I have a new tire at the back of my car, stupid me).

I remembered when my father had taught me about how to change the tire which is a condition must be known with someone who has a car. I have done it before but only once, 3 months ago when my father asked me to do it, but now I am not really sure that I can make it. Then I take the new tire at the back of the car, the jack, and another car tools. I pretended like I can do it by myself. I started with open the velg and when I started to jack the car, I was not sure where should I put the jack, then the superhero come. (yeah I called him superhero because he helped so sincerely). I will tell him with detail because I owe him.

He walked in down the street to the lrt station, he wore office clothes, a lines shirt with a black pants. I have to steps 2 stairs to be high the same way he did. His hair is wet, look like he has just washed his hair. He walked and tried to fold his shirt, then he saw me in the 'jongkok position' and asked, "Bole buat ke?". I make a face 'senyuman mesem-mesem' and answered, "Hmmm tak tau..I'll try lah". And then he took over the jack gently. Firstly I was impressed with his behaviour..then I sat and watched him change the tire. I thought that he just helped me to jack the car, but after he finished jack it, he continued with turning around the screw to open the tire, and I still watched him. Then suddenly I saw his sweat fall down on the street and I didn't know what I am going to do. He still try to open the old tire and changed it with the new one. He didn't say anything, just keep work on it. After he succeed to change the tire with the new one, in a hurry he took the jack and return my car to back on the street. His sweat was still falling down and his hand became dark because of the oil car, and I still watched him without any sweat in my body. Then he said, "Dah ya.."which means it's finished to repair, then in a hurry he was gone. Oh my God. What a goodness of him. I don't even offer him a drink which is I have it in my car. I just offer him a tissue and he took 2 pieces of it and then gone in a hurry.

I hope that if he were in the hardest situation, there will be someone to help him. I hope that when he arrives at his office, there will be something good happen for him. This is my second experience that someone helped me in an unexpected situation. I promise that I want to remember his face so I could help him if I see him anymore.

Friday, October 24, 2008

Pernah liat gak hobi "anak jaman sekarang" yaiitu ngmbil foto sbanyak2nya dgn background yg sama tp berbagai macam pose dan dgn org2 yg sama? tp fotonya tuh banyaaaaaaaak bgt...wktu itu pas gw ngliatnya, yg muncul di lubuk hati terdalam adalah, ngapain sih ni orang2?gak ada kjaan bgt yah? gak usah ampe sgituny jg kli..backgroundny jg biasa aja, gak bagus..tapi ternyataaaaaa.....saya bru melakukannya beberapa menit yg laluu..begini ceritanya

skarang ini sbnrny gw lg nungguin tmn2 gw yg konon kabarny mo dijmput di lrt, trus kita mo cabut mkn..konon kabarnya sih kmren mreka mo dtg jam5, skalian gw plg kntor, tapi skrng udah jam 21.33 mreka masih entah dimana..gw cape dan drpd ngantuk, tiba2 hosmet gw ngajakin makan makanan dia yg dikasi td di kantor..trus tibaaaaa2 brhubung kita boringgg, tiba2 tmn gw.."jom ambil gambarr". Dan entah mengapa diproses pengambilan gambar itu smua gw ktawa2 muluuu...yg tdny gw bete nunguin tmn gw, ini jd trasa thiburr...jd skrng gw tau knp org2 suka sprti itu..gw kira itu hanya ciri2 dr anak jaman skrang aja hahahha tp tetep aja sih gak usah smpe brpuluh2 gtu deh kykny (pdhal gw bru sadar td tmn gw blg ada 22 file hahha). wah mreka ud nympe

Monday, October 20, 2008

24/7/12 is not enough

Kenapa hanya ada 24 jam dalam 1 hari?
Kenapa hanya ada 7 hari dalam 1 minggu?
Kenapa hanya ada 12 bulan dalam 1 taun?

Jangan salahkan saya. Salahkan saja kehidupan metropolitan yg membuat waktu sesak sehingga membuat manusia merasa tidak pernah cukup.

Tuesday, October 14, 2008

need a support

Just now I had a chat with my brother and suddenly he gave me an advice. Actually this month I've been wondering about my 'after graduate life'. Whether I go back to Indonesia and find a job there or continue to study here as my Dad has suggested. I really haven't make a choice but suddenly my brother suggested me not to take graduate studies. He already has a plan that we will work together. His offer is just nice but I'm not sure that I can really do it.

Let me tell you about myself. I am a final year student with just 1 semester more to go. I 'm taking Information and Technology and majoring in Computer Industry. It may sounds "wow" but actually I think "Poor you" suits me more. I learn programming but I am not really "into it". Everybody assumed that I can fix their laptop, I can make a game, I always know how to solve if their program couldn't work. But the truth is, I can do nothing. Honestly, I always imagine "the future via" as a career woman who owned a company, don't know why, maybe I just watched too much "sinetron" when I was a kid. And if I do choose to continue my study, Master Business of Administration is my selection. Is it really too much to hope?

The thing that I want to say here is, I do realized that I am not a kid anymore. I have to start to make a choice, I have to start making a future plan. But what am I doing now? I just got lazy for this past week, maybe its called PMS(Pre-menstruation syndrome for a girl). I do know that sooner or later I have to face the 'real life' whether I like it or not. Maybe, for now I haven't made a decision yet, but I promise if I have, I will do it with all my heart ;)

Friday, October 10, 2008

Saya Dipukul

Begini ceritanya. Kejadian ini terjadi kemarin hari Kamis pada sekitar jam 17.30an waktu kl. Kejadian itu saat saya pulang kantor dimana saya jg cape (cape duduk mulu) dan suasana sekitar tuh lg ujan, dingin2 gitu bikin pengen cepet2 nyampe rumah trus tidur. Nah trus kan lg dijalan nih bersama 3orang house mate saya lainnya. Dan terjadilah kejadian itu. Begini kronologisnya.

Saya lg dijalan menuju rumah bersama 3 orang house mate saya lainnya. Pas nya mpe jalan raya dpn LRT Setiawangsa, nah dideket situ ada lampu merah. Itu jalan raya, ada 4 jalur. Tipe jalan itu tuh gini, dia 4 jalur, ntar pas di lampu merahnya dia jadi 6 jalur (soalnya jalannya makin gede). Berhubung tiap hari saya lewat situ, jd saya apal dong seluk-beluk jalan itu. Berhubung di lampu merah saya akan belok kanan, jd saya ngambil lajur kanan dong. Traffic saat itu lg yaa ramai lancar dan padat merayap lah. Kan ngantri tuh, berhubung cm 4 jalur, yg mau belok kanan hanya mendapatkan 1 jalur aja. Tapi di depannya itu deket lampu merah itu yg jalannya udah gede trus ada 6 jalur, yg mau belok kanan dapet 2 jalur, cuma kan klo dr belakang gak keliatan soalnya macet. Nah pas di jalan yg 4 jalur itu, cm jalur paling kanan doang yg macet, ke tiga 3 jalur lainnya jalan2 aja. Nah berhubung gw terbiasa dgn lalu lintas di Jakarta yg bebas asoi geboi itu, jadi pas di 4 jalur, gw ambil aja jalur ke 3 (sebelahnya jalur plg kanan) kan gw jd gak usah ngantri, trus 1 km kmudian, nympe lampu merah yg ada 6 jalur, trus langsung aja gw pindah ke jalur 2 yg buat belok kanan jg (di dalem hati saya berpikir hebat sekali saya ini bs melintasi banyak mobil). Dan tiba2,..

"BLAAAKKKK...(kenceng bgt suaranya)...Tinn tiinn tinnn (suara klakson motor yg sbnrnya gak kedengeran jelas brhubung ujan dan suara radio gede)...". Dan tiba2 dia berenti di depan mobil saya, mengangkat jari tengah nya yg indah itu terhadap saya, kira2 5 detik, kemudian dia pergi. Saya hanya diam terpaku. Gila itu rasanya takut beneran. Bukannya apa2, saya takut klo nabrak, yg saya tau, segala urusan ini itu di negara tempat saya tinggal sekarang ini sungguh sulit untuk mengurusnya, tidak bs memakai uang pelicin seperti di negara saya, semua mesti urus sendiri. Pertamanya gw mikir, sial jgn2 mobil gw ditabrak, eh tp setelah saya coba flash back, ternyata dia hanya mukul pintu saya dengan kuatnya. Trus gw emosi dooongggg...gilee tu orang..santai aja napaa meenn..bikin shock ajaa dehh loo..gw kira kan gw nabrakk..tp setelah saya pikir2 kembali, emang saya yg salah kali ya tidak ikut tertib mengantri, ya maap2 aja deh mas yg motor itu, abisan kan pgn cepet2 nympe rumah..

Thursday, October 9, 2008

extra ordinary life with an extra ordinary people

5 orang. 4 bahasa (Indoensia, Sabah, Kelantan, Terengganu).
Disinilah 80% dari hari-hariku disemester ini saya habiskan. Tempat dimana saya memulai dan mengakhiri sebuah hari saya. Tempat ini sederhana bahkan sangat sederhana dengan 3 kamar, 1 kamar mandi, 1 tempat jemuran, 1 dapur bersih. Lingkungan yg ramah, sampai2 ada orang yg memutuskan untuk tinggal bersama dengan kami di lingkungan ini selama 1 semester, walaupun sebelumnya dia tidak pernah kenal dgn kami. Dia hanya teman 1 kampus tp beda jurusan, jd wajar aku tidak pernah merasa melihatnya di kampus. Tapi sekarang dia melihat saya dari berpakaian baju tidur sampai baju kantor.

6 orang. 5 suku bangsa Indonesia (Jakarta, Bandung, Padang, Palembang, Pekanbaru).
Disinilah saya banyak mendapat informasi-informasi baru dari hanya fakta aktual sampai fiktif belaka. Pertama kali berjumpa dengan mereka, tidak ada kesan yg mendalam di benak saya. Malah saya sempat merasa tidak nyambung dgn orang-orang ini karena mungkin latar belakang budaya yang berbeda. Tapi kokohnya ikatan persatuan bangsa kamilah yg membuat kami sekarang sangat dekat. Mereka-mereka ini sangat unik kepribadiannya, tidak pernah sebelumnya saya berjumpa dgn orang yg mempunyai kepribadian seperti mereka, itulah yg membuat saya menjadikan mereka orang-orang pertama jika saya sedang dalam kesulitan di negara orang ini.

1 keluarga. 5 orang. 5 bidang pekerjaan
(Karyawan Swasta dengan Kewibawaan yg Kental, Ibu Rumah Tangga dengan Senyuman Keceriaan dan Pemikiran Uniknya yg Slalu Membuat Saya Ingin Memeluknya, Karyawan Muda dgn Ambisius yg Tinggi, Sarjana Kedokteran Gigi dengan Jiwa Sosial yg Tinggi, Mahasiswi yg jg Pengamat Ke 4 Orang Lainnya). Saya speechless klo disuruh menggambarkan mereka semua. Tidak akan cukup halaman ini untuk menggambarkan tingkah laku mereka selama 20 tahun saya mengamatinya. Mereka yg membuat tangan saya bisa menulis huruf A dan sekarang tangan ini bisa membuat suatu program dgn bahasa pemograman seperti c++ ataupun java (tentu saja program simpel doang). Disinilah saya benar-benar merasakan apa arti sayang dan cinta yang sesungguhnya.

Tuesday, October 7, 2008

Minalaidinwalfaizin

Walopun agak telat saya atas nama keluarga hehe tetep ingin mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429H. Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir dan Batin".

Seperti biasa taun ini saya merayakan lebaran di bandung. Seumur-umur gak pernah deh lebaran an di jakarta pdhal pngen bgt liat kosongnya jakarta. Taun ini adalah taun ke2 bagi saya untuk telat ikut solat ied. Prasaan saya sih dr dulu saya bangunnya gak telat deh. Cuma saya jg gak tau sih mulai solat itu jam brp, seinget saya sih jam 7, tp paling gak saya sempet ikutan gelar sejadah duduk disana jadi ibu saya tidak tahu klo saya telat.

Nah abis selese tu khutbah, saya suka momen ini. Momen dimana setelah saya bersalam2an dgn seluruh keluarga, pertama kali pastilah org2 disebelah saya yaitu dgn kakak dan sodara2 saya 3orang, saya mulai mencari ayah dan ibu saya ditengah2 keramaian orang-orang yg menampakkan kebahagian bagaikan masing-masing mempunyai cahaya sendiri yang didukung oleh baju yang mayoritas warna putih. Saya ingin sekali orang yg pertama saya lihat adalah ayah saya disana, untuk langsung meminta maaf. Dan taun ini saya beruntung, saya melihatnya pertama dari kejauhan. Langsung saya cium tangannya sambil bilang minalaidinwalfaizin yg dibalas dengan ciuman manis di kedua belah pipi dan jidat.

Setelah salam2an disana sm kluarga besar saya, langsung deh kita semua ngumpul dirumah nenek saya. Nah disinilah momen2 yg paling ditunggu2 di hari lebaran. Dimana pertama kalinya menyantap sarapan pagi setelah sebulan puasa, sambil bercerita ini itu sana sini dgn keluarga. Menu makanannya jg sangat berbeda dari hari-hari biasanya. Menu utama keluarga saya, ketupat, gulai kambing, opor ayam, sambal goreng ati, sate ayam, sambal terasi, sambal bubuk, dendeng, sayur.

Rutinitas lain keluarga saya adalah sekitar jam 10an, setelah udah pada selese makannya, mulailah golongan tua-tua memberikan komando untuk bersiap2 pergi ke majalaya. Majalaya adalah suatu daerah, lebih tepatnya suatu kampung di daerah bandung, dimana kayaknya sih nenek saya berasal dari situ, dan disitu kumpul nya makam-makam keluarga kami, tp yg gw tau cm makam kakek gw. Golongan muda-mudi sangat tidak menyukai momen ini. Karena membutuhkan waktu kuranglebih 1 jam untuk sampe ke majalaya dimana jalannya itu kanan kirinya banyak sawah, trus nympe sana cm duduk(spatutny sih berdoa), makan(makanannya kurang menimbulkan selera), basabasi (padahal kita gak kenal itu siapa), dan pulang. Biasanya golongan muda-mudi membuat persatuan klo kita ingin pake mobil sendiri (mksudnya gak gabung sm golongan tua2) supaya kita bs plg lebih cepet tanpa perlu basa basi.

Makam di majalaya ini kayak 1 lapangan gtu isinya makam-makam. Lapangannya kecil gak gede, yah kira2 3/4 nya lapangan basket. Di tengah-tengahny pasti banyak orang duduk ngumpul gitu, mereka biasanya yg mimpin kita berdoa. Saya jg kurang tau mereka itu siapa, tp ada beberapa yg familiar seperti salah satunya, orang yg biasa nyuciin mobil dirumah nenek saya, dan orang yg biasa mjd tukang di keluarga besar saya, tp yang saya tau setelah itu mereka akan mendapatkan duit. Berdoa itu berlangsung kira-kira mungkin 15menit kali ya. Saya jg gak tau apakah mereka ini ada hubungan sodara dgn org-org yg telah dimakamkan disitu yg berarti jg sodara saya, tp yg jelas mereka semua ikut berkomat-kamit mengucapkan kalimat tahlil, tahmid, takbir, dan tasbih. Sayapun berusaha keras untuk mengfokuskan pikiran saya ke kalimat2 itu, mengesampingkan ajakan2 ngobrol orang2 di kanan kiri saya, saya ingin ikut berdoa pikirku, tp ternyata saya malah memperhatikan keadaan sekitar. Dari 7anak almarhum kakek saya disitu, hanya 1org dan 1 mantu yg khusyuk ikut melafalkan kalimat itu. Justru rombongan yg ditengah tadi hampir semuanya ikut melafalkan.

Ayah saya pernah bilang gini, "Klo ayah meninggal, terserah kalian mau makamin dimana, gak usah bikin kalian repot, trus gak usah bikin acara 3harian, 7harian,100harian dll, gak usah bikin acara apa2 abis ayah meninggal, klo kalian gak pernah ziarah ke makam ayah jg gpp, klo mo dateng boleh, tp klo gak dateng jg gpp, yg penting kalian slalu doain ayah tiap hari dari rumah, kalian bakal ngedoain gak?".

Sejak saat itu, saya pun setuju untuk menginginkan hal yg sama dgn ayah saya klo saya meninggal nanti. Mantu yg saya sebutkan tadi diatas adalah ayah saya sendiri.

Monday, October 6, 2008

cinta itu sebuah perjuangan
cinta tidak pernah datang dengan cara mudah
dan datang dari langit
semuanya harus kita perjuangkan
dan sering kali cinta itu baru mekar
setelah kita melewati berbagai macam derita
dan diujung cerita saya mengatakan
derita itu bukan musuhnya cinta
derita itu sedang membuat cinta menjadi lebih dewasa


by gde prama