Tuesday, October 7, 2008

Minalaidinwalfaizin

Walopun agak telat saya atas nama keluarga hehe tetep ingin mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429H. Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir dan Batin".

Seperti biasa taun ini saya merayakan lebaran di bandung. Seumur-umur gak pernah deh lebaran an di jakarta pdhal pngen bgt liat kosongnya jakarta. Taun ini adalah taun ke2 bagi saya untuk telat ikut solat ied. Prasaan saya sih dr dulu saya bangunnya gak telat deh. Cuma saya jg gak tau sih mulai solat itu jam brp, seinget saya sih jam 7, tp paling gak saya sempet ikutan gelar sejadah duduk disana jadi ibu saya tidak tahu klo saya telat.

Nah abis selese tu khutbah, saya suka momen ini. Momen dimana setelah saya bersalam2an dgn seluruh keluarga, pertama kali pastilah org2 disebelah saya yaitu dgn kakak dan sodara2 saya 3orang, saya mulai mencari ayah dan ibu saya ditengah2 keramaian orang-orang yg menampakkan kebahagian bagaikan masing-masing mempunyai cahaya sendiri yang didukung oleh baju yang mayoritas warna putih. Saya ingin sekali orang yg pertama saya lihat adalah ayah saya disana, untuk langsung meminta maaf. Dan taun ini saya beruntung, saya melihatnya pertama dari kejauhan. Langsung saya cium tangannya sambil bilang minalaidinwalfaizin yg dibalas dengan ciuman manis di kedua belah pipi dan jidat.

Setelah salam2an disana sm kluarga besar saya, langsung deh kita semua ngumpul dirumah nenek saya. Nah disinilah momen2 yg paling ditunggu2 di hari lebaran. Dimana pertama kalinya menyantap sarapan pagi setelah sebulan puasa, sambil bercerita ini itu sana sini dgn keluarga. Menu makanannya jg sangat berbeda dari hari-hari biasanya. Menu utama keluarga saya, ketupat, gulai kambing, opor ayam, sambal goreng ati, sate ayam, sambal terasi, sambal bubuk, dendeng, sayur.

Rutinitas lain keluarga saya adalah sekitar jam 10an, setelah udah pada selese makannya, mulailah golongan tua-tua memberikan komando untuk bersiap2 pergi ke majalaya. Majalaya adalah suatu daerah, lebih tepatnya suatu kampung di daerah bandung, dimana kayaknya sih nenek saya berasal dari situ, dan disitu kumpul nya makam-makam keluarga kami, tp yg gw tau cm makam kakek gw. Golongan muda-mudi sangat tidak menyukai momen ini. Karena membutuhkan waktu kuranglebih 1 jam untuk sampe ke majalaya dimana jalannya itu kanan kirinya banyak sawah, trus nympe sana cm duduk(spatutny sih berdoa), makan(makanannya kurang menimbulkan selera), basabasi (padahal kita gak kenal itu siapa), dan pulang. Biasanya golongan muda-mudi membuat persatuan klo kita ingin pake mobil sendiri (mksudnya gak gabung sm golongan tua2) supaya kita bs plg lebih cepet tanpa perlu basa basi.

Makam di majalaya ini kayak 1 lapangan gtu isinya makam-makam. Lapangannya kecil gak gede, yah kira2 3/4 nya lapangan basket. Di tengah-tengahny pasti banyak orang duduk ngumpul gitu, mereka biasanya yg mimpin kita berdoa. Saya jg kurang tau mereka itu siapa, tp ada beberapa yg familiar seperti salah satunya, orang yg biasa nyuciin mobil dirumah nenek saya, dan orang yg biasa mjd tukang di keluarga besar saya, tp yang saya tau setelah itu mereka akan mendapatkan duit. Berdoa itu berlangsung kira-kira mungkin 15menit kali ya. Saya jg gak tau apakah mereka ini ada hubungan sodara dgn org-org yg telah dimakamkan disitu yg berarti jg sodara saya, tp yg jelas mereka semua ikut berkomat-kamit mengucapkan kalimat tahlil, tahmid, takbir, dan tasbih. Sayapun berusaha keras untuk mengfokuskan pikiran saya ke kalimat2 itu, mengesampingkan ajakan2 ngobrol orang2 di kanan kiri saya, saya ingin ikut berdoa pikirku, tp ternyata saya malah memperhatikan keadaan sekitar. Dari 7anak almarhum kakek saya disitu, hanya 1org dan 1 mantu yg khusyuk ikut melafalkan kalimat itu. Justru rombongan yg ditengah tadi hampir semuanya ikut melafalkan.

Ayah saya pernah bilang gini, "Klo ayah meninggal, terserah kalian mau makamin dimana, gak usah bikin kalian repot, trus gak usah bikin acara 3harian, 7harian,100harian dll, gak usah bikin acara apa2 abis ayah meninggal, klo kalian gak pernah ziarah ke makam ayah jg gpp, klo mo dateng boleh, tp klo gak dateng jg gpp, yg penting kalian slalu doain ayah tiap hari dari rumah, kalian bakal ngedoain gak?".

Sejak saat itu, saya pun setuju untuk menginginkan hal yg sama dgn ayah saya klo saya meninggal nanti. Mantu yg saya sebutkan tadi diatas adalah ayah saya sendiri.

2 comments:

that girl said...

hhehe..
gw bisa2 aja deh memahami ini..
cumaan ada dikit yg gw ngak paham..

viasibocahoke said...

hahhaha bagus2..tidak sia2 kamu duduk dgn aku 1 semm hahaha

Daisypath Vacation Ticker